Selasa, 17 November 2015

Tempat wisata menarik di Kota Bogor

Tempat wisata menarik di Kota Bogor

1. Kebun Raya Bogor & Istana Bogor

Jika Anda penyuka pemandangan hijau dan udara menyegarkan, maka Kebun Raya Bogor patut direkomendasikan. Kebun ini bukanlah destinasi rekreasi semata, melainkan juga pusat pendidikan dan lokasi observasi tanaman. Terdapat lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan di sana.
Tempat wisata di Bogor yang satu ini telah dikembangkan sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa dahulu kala, dianggap pula sebagai Kebun Botani paling tua di Asia.
Menikmati udara sejuk dan ketenangan di Kebun Raya Bogor
Menikmati udara sejuk dan ketenangan di Kebun Raya Bogor via eibidiei.wordpress.com
Jika Anda menelusuri hingga ke area belakang kebun, terdapat sebuah danau yang indah, lokasinya cukup dekat dengan halaman belakang Istana Bogor. Selain itu, ada sebuah jembatan gantung yang mampu menghadirkan latar fotografi yang unik.
Bersantap di Cafe Dedaunan dalam lokasi kebun raya
Bersantap di Cafe De daunan dalam lokasi kebun raya via dinihartutiputri.wordpress.com
Anda juga dapat menikmati hidangan kuliner di sana, tepatnya di Cafe De daunan. Jika suka, Anda dapat mengenal dan menggali lebih banyak pengetahuan tentang kehidupan flora saat masuk ke Museum Zoologi yang ada di kawasan Kebun Raya Bogor.
Pemandangan depan Istana Bogor yang sungguh asri dan menawan
Pemandangan depan Istana Bogor yang sungguh asri dan menawan via kompasiana.com
Sebagai bagian integral dari Kebun Raya, Istana Bogor adalah bagian yang tak terpisahkan daripadanya. Istana ini pada awalnya bernama Istana Buitenzorg. Ada banyak benda seni yang tersimpan di dalamnya, mulai dari lukisan, patung, keramik, dan lainnya. Tidak kurang terdapat 448 buah lukisan dan 216 buah patung yang dimiliki Istana Bogor ini.
Peta Lokasi: klik di sini

2. Museum Etnobotani

Museum yang diresmikan sejak tahun 1982 oleh Menristek BJ Habibie pada masa itu memiliki koleksi sekitar 1700 benda dengan penomorannya masing-masing dan dipamerkan dalam ruang kaca. Benda-benda ini merupakan sampel yang digunakan para peneliti di berbagai daerah tatkala meneliti hubungan antara suku-suku asli suatu daerah di Nusantara dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya.
Beberapa koleksi yang ada di Museum Etnobotani Bogor
Beberapa koleksi yang ada di Museum Etnobotani Bogor via rucitradeasy.blogspot.com
Di Museum Etnobotani, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku bangsa yang ada Indonesia. Salah satunya, pakaian suku pedalaman di Indonesia yang bahannya terbuat dari tumbuhan. Objek wisata Bogor yang satu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dan kalangan luas yang ingin menggali pengetahuan tentang Etnobotani.
Peta Lokasi: klik di sini

3. Museum Pembela Tanah Air

Kota Bogor tidak hanya kaya akan tempat kulinernya, tetapi juga memiliki catatan sejarah dalam perjuangan Indonesia merdeka. Di masa penjajahan, Jepang pernah mengeluarkan sebuah dekrit untuk membentuk Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) dengan maksud untuk membantu Jepang dalam menghadapi serangan Sekutu.
Tetapi, korps tentara inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal ketentaraan Indonesia dalam meraih kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya.
Museum Pembela Tanah Air (PETA) di Kota Bogor
Museum Pembela Tanah Air (PETA) di Kota Bogor via pecintawisata.wordpress.com
Anda akan mendapati banyak kisah perjuangan PETA menuju Indonesia merdeka tatkala berkeliling dalam museum Pembela Tanah Air ini. Ini penting untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme yang kuat di tengah gempuran arus zaman yang telah melunturkan rasa kebangsaan banyak generasi muda Indonesia di masa kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar